BIOGRAFI PENGARANG KITAB TAQRIB
Bagi pelajar fiqh Syafi'i, kitab al-Ghayah wa at-Taqrib atau yang lebih dikenal kitab Matan Taqrib merupakan kitab yang tidak asing lagi. Kitab ini menjadi kitab
kurikulum bagi para pemula pelajar fiqh Syafi'i. Kitab ini merupakan kitab
kecil yang lengkap mulai dari bab Thaharah hingga `itq. Kitab ini ditulis oleh seorang ulama Syafi'iyah yang hidup pada
abad ke-5 H.
Beliau adalah Ahmad bin al-Husen bin Ahmad
al-Asfahaniy yang terkenal dengan panggilan al-Qadhi (Hakim) Abu Syuja'. Beliau
juga mendapat gelari (kun-yah) Abu Thayyib. Beliau belajar fiqih Syafi'i
di Basrah lebih dari 40 tahun.
Para ahli sejarah berbeda pendapat tentang
tahun kelahiran dan wafat beliau. Salah seorang murid beliau Imam Ahmad bin
Muhammad Abu Thahir as-Silafy (w. 576 H) dalam kitabnya Mu`jam Safar menuliskan bahwa beliau pernah menanyakan kepada Abu Syuja`
sendiri tentang tahun kelahiran beliau, Abu Syuja` menjawab tahun 434 H di
Basrah, sedangkan ayah beliau lahir di `Abbadan dan kakek beliau lahir di
Asfihan/Isfahan (kota di Iran yang terletak sekitar 340 km dari ibu kota Iran,
Taheran). Keterangan tersebut juga dikutip oleh Imam Yaqut bin Abdullah
al-Hamawi dalam kitab beliau Mu`jam Buldan ketika menerangkan tentang negeri `Abbadan. Dalam kitab tersebut tidak disebutkan tahun
wafat beliau.
Sedangkan dalam kitab A`lam karangan Zarkali disebutkan beliau lahir tahun 533 H/1138 M dan
wafat pada tahun 593 H/1197 M, maka umur beliau berdasarkan keterangan ini adalah hanya 60 tahun.
Hal sangat bertentangan dengan keterangan dalam Kitab Hasyiah
al-Bajuri dan Hasyiah Bujairimi `ala
Khatib yang menerangkan bahwa beliau memiliki umur panjang hingga 160
tahun. Dan keterangan ini juga sangat menentang dengan keterangan murid beliau
sendiri Imam as-Silafi dalam kitab Mu`jam Safr, dimana beliau menyebutkan bahwa Abu Syuja` sendiri pada tahun 500
H menyebutkan kepadanya bahwa beliau sudah mempelajari fiqih Mazhab Syafi'i
selama 40 tahun lamanya, setelah itu Imam as-Silafi menyebutkan bahwa Abu
Syuja` masih hidup hingga masa yang tidak beliau ketahui.
Ada kemungkinan bahwa keterangan kitab al-A`lam karangan Zarlaki yang dikutip banyak penerbit yang menuliskan
biografi Abu Syuja` ketika menerbitkan kitab Matan Taqrib, terjadi kesalahan ketika penulisan, mungkin yang sebenarnya
adalah tahun kelahiran beliau 433 H, (hanya selesih setahun dengan keterangan
murid abu Syuja` sendiri, Imam as-Silafy) sehingga usia umur beliau tepat 160
sehingga sama dengan keterangan yang disebutkan dalam Bujairimi dan Hasyiah Al-Bajuri. Wallu A`lam
bish-Shawab.
Dalam Kitab Kasyfun Dhunun disebutkan tahun wafat beliau
adalah 488 H tanpa disebutkan tahun kelahiran. Sedangkan Imam Tajuddin as-Subky dalam kitab Thabaqat
Syafi`iyyah Kubra memasukkan beliau dalam
golongan para ulama yang wafat pada setelah tahun 500 H.
KH. Sirajuddin Abbas menanggapi perbedaan ini
mengatakan; ada kemungkinan bahwa beliau menghilang dari negerinya Asfahan,
Persia, pada tahun 488 H, sehingga orang mengatakan bahwa beliau telah
meninggal. Orang tidak tahu bahwa beliau telah mengasingkan diri menjadi
pelayan Masjid Madinah sampai wafatnya tahun 593 H.[6]
Para ahli sejarah menulis gelar beliau dengan
Syihabuddin, hal ini sesuai dengan kebiasaan ahli sejarah yang memberi gelar
Syihabuddin kepada para ulama yang bernama Ahmad dan gelar Syamsuddin kepada
para ulama yang bernama Muhammad. Karena itu kita dapati para ahli sejarah
menulis nama Imam Ramli Kabir dengan gelar Syihabuddin karena nama beliau
adalah Ahmad dan menulis gelar Imam Ramli Shaghir dengan Syamsuddin karena nama
beliau adalah Muhammad.
Abu Suja' di kenal sebagai seorang imam ahli
ibadah, shalih dan berilmu dan taat dalam agama. Beliau pernah menjabat sebagai
qadhi dan kemudian menjadi menteri. Beliau menjabat menteri di umur 47 tahun,
dimasa jabatannya tersebut beliau banyak menyematkan keadilan dan ilmu agama,
beliau memiliki 10 pembantu yang berkeliling membagikan shadaqah kepada
manusia. Masing-masing mereka membagikan 1.120 dinar yang akan di bagikan
kepada orang yang berhak.
Kemudian beliau menempuh jalan zuhud
meninggalkan kenikmatan duniawi, beliau hijrah ke Madinah dan menetap di Masjid
Nabawi sebagai orang yang bertugas merapihkan tikar dan menyalakan lentera dan
membersihkan Mesjid Nabawi serta menjadi pengkhadam Hujrah Rasulullah SAW. dan
beliau jalankan tugas tersebut sampai akhir hayatnya.
Beliau di karunia umur panjang hingga berusia
160 tahun dan dalam keadaan lanjut usi demikian, tidak ada satupun anggota
badan beliau yang cedera. Orang – orang bertanya tentang sebab anggota badan
beliau sehat hingga masa tua, beliau menjawabnya:
حفظنا ها فى الصغر فحفظها الله
فى الكبر
Kami menjaganya (dari dosa) ketika masih muda maka Allah
menjaganya ketika kami tua.
Beliau wafat dan dimakamkan di sebuah ruangan mushallah yang
beliau bangun sendiri di dekat Masjid Nabawi di samping pintu Jibril.
Kitab Mukhtashar Ghayah wa Taqrib atau Matan Taqrib ini di syarah oleh beberapa ulama lain antara lain:
1.Muhammad Ibnu Qasim al-Ghazi (w.928 H) dengan kitab beliau Fathul Qarib Mujib yang kemudian di beri hasyiah oleh Imam al-Bajuri. Kitab ini menjadi pelarajan kurikulum di seluruh pesantren di Indonesia. Selain Imam al-Bajuri, Fathul Qarib juga di beri hasyiah oleh ulama Indonesia, Syeikh Nawawi al-Bantani dengan nama kitab beliau Qut al-Habib al-Gharib, dan juga di beri hasyiah oleh Imam al-Azizy, al-Barmawy, dan al-Qalyuby.
2.Imam Muhammad Khatib Syarbainy (w.977 H) dengan nama kitab
beliau Iqna` yang kemudian di beri hasyiah oleh Imam Bujaurimi yang di kenal
dengan nama Hasyiah Bujairimi `ala Khatib sebanyak 4 jilid besar. Selain itu
kitab syarah ini juga di beri hasyiah oleh beberapa ulama lain seperti
al-Mudabaghy, al-Ajhury, an-Nabrawy juga di beri taqrirat oleh Syeikh al-Bajuri
dan Syeikh `Aush.
3.Sayyid Taqiyuddin al-Hishni dengan nama kitab beliau Kifayatul
Akhyar fi hill Ghayah al-Ikhtishar.
Syeikh Taqiyuddin Abi Bakar Ibnu Qadhi
`Ajalun (wafat 829 H) setelah mensyarahnya beliau juga kembali meringkasnya dan
beliau tambahkan sedikit tentang perbedaan pendapat Imam Rafii dan Nawawi
dengan nama kitab beliau `Umdatun Nadhar fi Tashhih Ghayah al-Ikhtishar.
4.Syeikh Ahmad al-Akhshashy (w. 889 H) dengan kitab beliau yang
bernama Syarah Mukhtashar Abi Suja`.
5.Syeikh Ahmad bin Muhammad al-Manufi (w. 931 H) kitab beliau beri
nama al-A`naq kemudian beliau ringkas sendiri kembali dan beliau namai Tasynif
al-Isma` bi Hill alfadh Abi Suja`.
6.Syeikh Waliyuddin al-Bashir (w.972 H) dengan kitab syarah beliau
yang bernama an-Nihayah fi Syarh Syarh al-Ghayah.
7.Ahmad bin Qasim al-Ubady (w.994 H) dengan syarah beliau yang
bernama Fath Ghaffar bi Kasy Mukhbaat Ghayah al-Ikhtishar.
8.DR. Mushtafa Daib al-Bugha dengan kitab beliau at-Tahzib fi
Adillah Matn al-Ghayah wa Taqrib. Kitab ini berisi dalil baik dari ayat atau
hadits dari setiap hukum yang ada dalam matan Taqrib.
Selain di-syarah, kitab Matan Taqrib juga
digubah menjadi nadham oleh seorang ulama yang ahli dalam menggubah nadham,
yaitu Imam Syarafuddin `Imrithy (w. 989 H) dengan nama Nihayah Tadrib, Syeikh
Ahmad al-Absyihy (w. 883 H), Syeikh Abdul Qadir bin al-Mudhaffar (w.892 H)
Syeikh Ahmad bin Abdu salam al-Manufi (w. 931 H), Syeikh ad-Dausary (w. 1243 H).
Selain itu kitab sudah di terjemahkan dalam
berbagai bahasa termasuk dalam bahasa bahasa Perancis pada tahun 1895 dan ke
bahasa Jerman pada tahun 1987.
kitab Matan Taqrib masih di pakai sampai saat
ini, hal ini menunjukkan satu kelebihan bagi kitab tersebut, di mana walaupun
kitab tersebut kecil dan telah melewati masa hampir satu abad namun masih di
gunakan sebagai pegangan utama bagi pemula dalam belajar fiqh Syafii`yah.
Semoga Allah selalu melimpahkan barakah ilmu
Abu Suja` kepada kita semua dan Allah memberikann taufiq dan hidayah kepada
kita untuk mengikuti jejak beliau.
Amiin ya Rabbal `Alamin.
Amiin ya Rabbal `Alamin.
0 Response to "biografi pengarang kitab taqrib"
Post a Comment